Kebudayaan Unik di Korea Untuk Tidak Menerima Tip

Kebudayaan Unik Mengenai Uang Tip di Korea

Memberi tip bukanlah kebiasaan di Korea Selatan karena kebanyakan orang percaya bahwa menyediakan layanan yang baik harus menjadi standar dan karenanya orang tidak boleh mengharapkan untuk mendapatkan tip. Saat ini dengan semua pengunjung asing, beberapa staf terbiasa menerima tip kecil dan akan berterima kasih atas penghargaan Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemberian tip di Korea.

Jika Anda memutuskan untuk memberikan tip di Korea Selatan, jangan memberikan uang tunai langsung dari dompet atau saku Anda. Selalu masukkan uang ke dalam amplop sebelum memberikannya. Amplop ini dapat dibeli di toko serba ada karena mereka juga digunakan saat memberikan uang pada pernikahan, pemakaman, liburan nasional Korea, dll.

Apakah Anda Memberi Tip di Korea?

Untuk pertanyaan ‘apakah Anda memberi tip di Korea’, jawabannya adalah tidak, Anda tidak diharapkan memberi tip di Korea. Ini bukan bagian dari budaya, dan beberapa orang bahkan mungkin bingung atau tersinggung oleh tindakan ini, tetapi ada beberapa kesempatan ketika pemberian tip diterima.

Aturan dasarnya adalah tidak memberi tip di restoran mana pun, kecuali jika ada toples. Anda dapat memberi tip pada sopir taksi dengan memberi tahu mereka untuk menyimpan kembaliannya dan pemandu wisata yang terbiasa bekerja dengan orang asing atau orang Amerika akan dengan senang hati menerima tip kecil. Dalam kesempatan lain memberi tip di Korea Selatan adalah tidak, tidak. Hanya memberi tip di kota-kota besar seperti Seoul atau Busan .

Yang Perlu Diketahui Saat Mengunjungi Korea

  • Yang Harus Dipakai Di Korea – Musim panas lembab dan panas, dengan suhu naik hingga 40 ° C. Musim dingin dingin dan kering, dengan suhu turun ke -20 ° C. Periksa apa yang harus dikemas untuk Korea di sini.
  • Power Adapters – Jika Anda berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Jepang atau Asia Tenggara maka Anda akan memerlukan adaptor perjalanan yang tepat ketika datang ke Korea. Temukan info lebih lanjut tentang adaptor perjalanan di sini.
  • T Money Transport Card – Ketika berkeliling negeri menggunakan transportasi umum seperti kereta bawah tanah, bus dan bahkan taksi, pastikan untuk membeli kartu T Money pada saat kedatangan di bandara. Info lebih lanjut di sini .
  • Diskon Spesial Asing – Lihat Trazy atau Klook untuk paket diskon terbaik yang dirancang untuk orang asing. Ini termasuk banyak restoran, museum, atraksi dan pengalaman.

Cara Memberi Tip Di Korea Sesuai Pekerjaannya

1. Memberi Tip di Restoran

Turis dari AS begitu terbiasa memberi tip, terutama ketika akan makan di restoran . Korea adalah kebalikannya, memberi tip adalah sesuatu yang tidak disukai kebanyakan orang, dan banyak yang bahkan menolak untuk menerima tip. Aturan umumnya adalah, Anda membayar untuk layanan hebat, mengapa Anda harus membayar ekstra? Hal terbaik yang dapat dilakukan di restoran adalah tidak memberi tip, hanya bersikap sopan kepada staf dan berterima kasih atas layanan mereka.

Tapi, semakin banyak restoran barat mulai menaruh toples botol di meja, jika Anda melihat toples, itu berarti restoran terbuka untuk menerima tips dari pelanggan mereka. Hal terbaik untuk dilakukan adalah memasukkan tip Anda ke dalam toples alih-alih memberikannya kepada salah satu anggota staf. Ini hanya direkomendasikan di restoran gaya barat, bukan restoran tradisional Korea.

Jangan lupa ketika memasuki atau meninggalkan restoran untuk membungkuk kecil dengan kepala menghadap staf dan katakan annyeonghaseyo kepada orang di meja resepsionis. Ini adalah cara sopan untuk mengatakan halo. Lakukan hal yang sama ketika pergi, tetapi alih-alih mengatakan annyeonghaseyo, katakan kamsahamnida. Ini adalah cara yang sopan untuk berterima kasih kepada staf atas layanan mereka.

2. Tipping Sopir Taksi

Korea adalah negara dengan transportasi umum yang sangat baik. Sistem kereta bawah tanah dan bus luar biasa. Terkadang Anda perlu pergi ke suatu tempat dengan cepat dan kemudian naik taksi adalah pilihan terbaik. Karena orang asing menjadi lelah ketika naik taksi, pastikan mereka menggunakan meteran mereka dan tidak mengambil jalan memutar. Saat naik taksi pastikan alamat hotel Anda ditulis dalam bahasa Korea, jadi Anda bisa menunjukkannya kepada supir taksi. Atau Anda dapat mengarahkan ke tujuan Anda di peta.

Ini bukan hal yang umum dilakukan, memberi tip pada supir taksi Anda. Terutama karena Anda dapat membayar dengan kartu di taksi. Saat ini pengemudi taksi memiliki reputasi buruk, karena mereka mengemudi sangat cepat dan sulit berkomunikasi dengan orang asing. Tetapi kadang-kadang Anda menemukan sopir taksi yang hebat, yang mengemudi dengan hati-hati dan ramah. Dalam kesempatan itu Anda mungkin ingin memberi tip. Cara terbaik untuk memberi tip pada sopir taksi adalah membayar dengan uang tunai dan memberi tahu mereka untuk menyimpan kembaliannya.

3. Tipping Tour Guide

Dalam hal pemandu wisata, memberi tip dapat dilakukan karena kebanyakan pemandu wisata terbiasa menerima tip karena mereka bekerja untuk perusahaan wisata Amerika atau berhubungan dengan banyak orang asing yang terbiasa memberi tip.

Ini tidak wajib, tetapi sebagian besar pemandu wisata akan menghargai isyarat dan senang Anda menyukai layanan mereka. Hanya tip pemandu wisata di daerah wisata Korea, memberi tip pemandu wisata di pedesaan adalah tidak, tidak karena mereka tidak terbiasa dengan gerakan ini dan mungkin bingung atau tersinggung.

4. Memberi Tip di Hotel & Spa

Staf di hotel atau spa di Korea Selatan tidak mengharapkan tip. Ini bahkan mungkin ditolak ketika Anda memutuskan untuk meninggalkan tip, jangan tersinggung jika ini terjadi. Jika Anda memutuskan untuk meninggalkan tip, letakkan uang dalam amplop cantik yang dapat Anda temukan di toko serba ada dan tinggalkan tip di ruangan saat check out. Jangan memberikan tip secara langsung .

Di spa atau jjimjilbangs tradisional Korea Anda tidak boleh meninggalkan tip. Bersikap sopan kepada staf dan berterima kasih atas layanan mereka. Jangan lupa untuk membungkuk saat menyapa staf. Ini penting untuk menyapa orang Korea.

Etiket Tip Korea Selatan

Ketika Anda memutuskan untuk menawarkan tip di Korea Selatan, aturan etiketnya sangat berbeda dari di AS. Anda tidak hanya mengambil dompet Anda dan memberi uang tunai kepada staf.

Pertama-tama periksa apakah perusahaan memiliki toples, jika tidak ada toples, masukkan uang tunai ke dalam amplop yang bagus dan serahkan menggunakan kedua tangan. Ini sama untuk menyerahkan kartu nama . Bisnis selalu diserahkan dan diterima dengan dua tangan.

Amplop-amplop ini dapat dengan mudah ditemukan di toko Korea atau di salah satu toko alat tulis seperti Daiso atau Artbox .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *